NIP Production System For Print Media


Dewasa ini, perkembangan teknologi memasuki era digital. Dimana manusia berlomba-lomba untuk menguasai teknologi digital,yang memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan manusia. Hampir semua sektor kehidupan menggunakan teknologi digital yang menggantikan teknologi konvensional, yang memberikan peningkatan efektifitas pekerjaan dan efesiensi waktu.

Denikian juga dalam dunia grafika, teknologi NIP atau yang lebih dikenal dengan teknik cetak digital telah menjadi trend tersendiri. Dimana semua pekerjaan dituntut serba cepat dan tepat waktu. Akhir- akhir ini banyak pelanggan yang menuntut kecepatan dan ketepatan waktu dengan kualitas cetakan yang excellent namun minimum order yang sedikit kepada pihak percetakan.

Vendor-vendor telah mengembangkan dan memproduksi mesin cetak digital yang mampu menangani order cetakan yang dituntut kualitas, kecepatan dan ketepatan waktu,serta jumlah minimum order yang terbatas . Sehingga para pengguna jasa percetakan dapat membandingkan dengan teknologi konvensional.

Productivity

Yakni menyangkut kecepatan dalam produksi. Jika dulu orang masih menganggap faktor kualitas sebagai sesuatu yang penting, namun sekarang hal itu dianggap tidak cukup tanpa kecepatan (velocity ). Kegiatan bisnis diberbagai sektor yang berkembang cepat menuntut juga tersedianya produk tercetak yang cepat. Seperti contoh untuk cetakan Company Profile ataupun Annual Report yang dibutuhkan untuk rapat dengan pemegang saham, bagaimanapun harus dapat dicetak dalam hitungan jam bahkan ditunggu saat itu juga.

Tuntutan pekerjaan yang cepat semakain banyak, dan tidak mungkin pemain percetkan akan selalu menolak pekerjaan just in time. .Jika menolak tentunya para pengguna jasa percetakan akan beralih ke percetakan lain,yang menyebabkan profitability akan semakin merosot.

Dengan menggunakan teknologi digital maka perusahaan tersebut dapat meningkatkan produktivitas tanpa meninggalkan teknologi konvensional.

Investment

Akibat beralihnya pengguna jasa percetakan ke percetakan lain dimana pelanggan menginginkan kecepatan dan ketepatan waktu, yang mengakibatkan menurunnya profit perusahaan, maka pemain percetakan untuk melakukan investasi mesin- mesin cetak yang menggunakan teknologi digital. Mengingat teknologi ini masih terbilang baru maka bibutuhkan investasi yang cukup lumayan. Dan itu merupakan suatu tuntutan agar dapat menjawab tantangan dari para pengguna jasa.

Banyak perusahaan percetakan yang sudah merambah ke dunia cetak digital. Dengan menambah modal yang tidak begitu besar,mereka invest mesin mesin cetak digital tanpa meninggalkan teknologi konvensional yang sudah terlebih dahulu berkembang.

Print Job

Costumers

Pengguna layanan teknologi NIP (alur digital ) merupakan orang-orang yang membutuhkan suatu produk cetak yang berkualitas namun mempunyai efesiensi dan kecepatan waktu. Pada umumnnya mereka adalah orang orang yang bergerak dalam bidang bisnis seperti para eksekutif dan marketing.

Tidak menutup kemungkinan costumers adalah orang yang menginginkan suatu produk cetak yang mempunyai sentuhan personalisasi.

Job Spesification

Spesifikasi pekerjaan seperti majalah , buku, newsletter,brosur dan lain-lain, yang pada umumnya merupakan cetakan full color. Ada pula yang menginginkan personalisasi foto dan nama pada tiap tiap lembar.

Original

Karena menggunakan sistem computer to print dengan menngunakan alur kerja digital, original yang digunakan merupakan data digital dengan format PDF atau PS.

Substrate & Format

Bahan yang digunakan dapat menggunakan berbagai jenis bahan seperti Art Cartoon, Art Paper, HVS, Glossy paper,kertas fancy maupun diatas polyvinyl (untuk cetak banner).

Ukuran cetak :

Untuk cetakan seperti buku, majalah, brosur, news letter, company profile, poster atau yang sejenisnya, ukuran Kertas A5 sampai dengan ukuran A3+ (340 mm x 460 mm ) atau tergantung dari spesifikasi mesin cetak.

Untuk kebutuhan cetak digital proofing dapat mengunakan mesin inkjet printer lebar ( hingga 40 inch ) yang dapat memudahkan pengontrolan dalam layout ataupun tata letak untuk penggunaan mesin cetak offset besar

Untuk kebutuhan cetak poster dalam ruang maupun luar ruang terdapat mesin inkjet ultra lebar lebih dari 1.5 meter bahkan ada yang mencapai 5.3 meter.

Required Print Quality

Pelanggan umumnya menginginkan kualitas cetakan yang prima. Cetakan tidak kabur (tajam),

Print Volume ( Run Length )

Biasanya penggunaan teknologi digital ditujukan kebutuhan Print On Demand yang digunakan untuk produksi dalam jumlah oplah yang sedikit ( short run ) dengan kisaran 1 hingga 1000 eksemplar.

Deadline

Karena alur kerja yang efesien teknologi ini digunakan untuk mencetak order-order yang mendesak dan harus selesai dalam hitungan jam.

Consumable

Costs

Biaya yang digunakan dalam memproduksi cetakan dalam jumlah yang banyak tentu akan sangat mahal dibandingkan dengan penggunaan teknologi konvensional ( print with master ). Namun akan lebih menguntungkan jika digunakan untuk mencetak dalam oplah yang sedikit. Dimana teknologi NIP tidak membutuhkan acuan cetak permanent sehingga dapat memangkas biaya produksi. Tentunya ini akan sangat menguntungkan.

Quality

Kualitas yang produk dengan menggunakan teknologi NIP menawarkan hasil yang optimal. Untuk penggunaan digital offset dewasa ini dapat menyamai dengan hasil cetak offset konvensional.

Environment Influences

Teknologi NIP didesain untuk mengurangi pencemaran lingkungan akibat limbah yang dihasilkan oleh percetakan konvensional. Teknologi ini tidak membutuhkan film separasi, pembuatan acuan permanent seperti pada teknologi cetak konvensional yang pada umumnya memakai chemical sebagai bahan pemroses maupun pencucinya.

Dengan demikian boleh dikatakan teknologi NIP merupakan teknologi yang ramah lingkungan yang dapat mengurangi polusi lingkungan.

Service

Teknologi NIP memberikan layanan pencetakan yang membutuhkan kualitas dan kecepatan waktu. Serta dapat mencetak bolak balik. Hal ini didukung dengan alur kerja digital yang dapat memangkas langkah pada system kerja konvensional.

Operator

Qualification

Untuk dapat menjalankan mesin-mesin dengan teknologi NIP dibutuhkan operator yang mempunyai keahlian khusus. Minimal mereka menguasai berbagai software grafis selain dapat mengoperasikan mesin cetak itu sendiri. Mereka harus mengerti bagaimana slur kerja digital .Operator dipersiapkan secara khusus untuk menangani mesin tersebut. Biasanya mereka ditraining terlebih dahulu oleh distributor penjual mesin tersebut, agar mengerti troubleshooting pada mesin.

Printed product

Cost Per Product Page

Untuk biaya produksi dalam jumlah banyak , relative mahal karena umumnya perhitungannya satuan, mengingat teknologi ini masih baru dan investasinya lumayan besar. Namun untuk oplah yang sedikit ( dibawah 1000 eksemplar ) sangat menguntungkan karena adanya efesiensi biaya film dan pembuatan acuan cetak permanen.

Kita ambil contoh saja harga digital printing :

Cetak satu lembar A3+ satu muka full color di Jakarta (2008) berkisar Rp. 15.000,00 perlembar hingga 50 lembar. Namun akan sangat mahal jika kita mencetak 1-100 lembar dengan ukuran dan jenis yang sama sangat tidak direkomendasikan

Profit

Keuntungan-keuntungan menggunakan teknologi NIP

Proses yang lebih cepat, semua data digital dari computer langsung dicetak. Mesin siap digunakan untuk mencetak dalam beberapa menit untuk menerima data yang telah di ripping.

On Demand Printing, mencetak sesuai jumlah yang diinginkan

Waktu persiapan lebih cepat

Last minute correction , perbaikan dapat dilakukan dengan cepat pada data digital

Kemudahan adjustment warna dan density cetakan, yang diperintah dengan cepat oleh computer.

Penyimpanan data dalam bentuk soft copy,memudahkan pendistibusian data apabilaakan dicetak secara bersamaan di tempat lain.

Personalisasi, memiliki pengertian setiap lembar dapat diberi elemen yang berbeda-beda seperti nama, alamat, foto,namun tetep dengan desain yang sama.

Costumers Satisfaction

Kepuasan pelanngan merupakan tujuan akhir dari suatu pemasaran. Apabila keinginan dari pelanggan terpenuhi, bukan tidak mungkin ini menjadikan nilai tambah bagi perusahaan itu sendiri. Pelanggan mungkin akan kembali lagi membawa order baru.

Delivery Ontime

Karena menggunakan alur kerja digital, yang singkat maka ketepatan waktu akan relative mudah tercapai., memenuhi criteria baik dari material, personal , skill maupun mesin yang digunakan.

Quality of Printed Product

Output yang dihasilkan melalui teknologi NIP diharapkan mempunyai kualitas yang prima. Ini menjadi studi kasus bagi vendor untuk meningkatkan kualitas mesin dan inovasi-inovasi yang baru. Sehingga melahirkan suatu output media cetak yang mempunyai kualitas .

(smkgrafikadp.com)

Advertisements
%d bloggers like this: