Bagaimana Barcode Bisa Terbaca ?


barcode-scanner1Barcode reader

Barcode reader atau biasa juga disebut barcode scanner, adalah perangkat input data yang digunakan untuk membaca dan merekam informasi yang terkandung di dalam sebuah barcode.

Sebuah barcode reader terdiri dari scanner, decoder (ada yang built-in maupun eksternal) dan kabel yang digunakan untuk menghubungkan perangkat pembaca barcode dengan komputer. Karena Barcode reader digunakan untuk meng-capture sekaligus menerjemahkan kode bar menjadi nomor dan angka, maka data yang telah di-scan akan dikirimkan ke sebuah komputer dengan aplikasi software pengolah data barcode.

Barcode scanner dapat di sambungkan ke perangkat komputer dengan menggunakan perantara port serial, port keyboard atau suatu interface yang biasa disebut wedge berfungsi mengalamatkan barcode yang dibaca ke software pengolah data barcode tersebut.

Bagaimana Cara Kerjanya ?

Masing-masing batang pada barcode memiliki ketebalan yang berbeda. Ketebalan inilah yang akan diterjemahkan pada suatu nilai. Demikian, karena ketebalan batang barcode menentukan waktu lintasan bagi titik sinar pembaca yang dipancarkan oleh barcode reader.

Oleh sebab itu, batang-batang barcode harus dibuat demikian sehingga memeiliki kontras yang tinggi terhadap bagian celah antara batang barcode. Sisi-sisi batang barcode harus tegak dan lurus, serta tidak ada lubang atau noda titik ditengah permukaannya. Sementara itu, ukuran titik sinar pembaca juga tidak boleh melebihi celah antara batang barcode. Saat ini, ukuran titik sinar yang umum digunakan adalah 4 kali titik yang dihasilkan printer pada resolusi 300dpi.

pen_scanner1Saat ini terdapat beberapa jenis instrumen pembaca barcode, yaitu : pena, laser, serta kamera. Pembaca barcode berbentuk pena memiliki pemancar cahaya dan dioda foto yang diletakan bersebelahan pada ujung pena. Pena disentuhkan dan digerakkan melintasi deretan batang barcode. Dioda foto akan menerima intensitas cahaya yang akan dipantulkan dan mengubahnya menjadi sinyal listrik, lalu diterjemahkan dengan sistem yang mirip dengan morse.
Barcode scanner dengan pemancar sinar laser tidak perlu digesekkan pada permukaan bercode, tapi dapat dilakukan dari jarak yang relatif lebih jauh.

Selain itu, pembaca jenis ini memiliki cermin-cermin pemantul sehingga sudut pembacaan lebih fleksibel.

Pembaca barcode dengan sistem kamera menggunakan sensor CCD (charge coupled device) untuk merekam foto barcode, baru kemudian membaca dan menterjemahkannya kedalam sinyal elektronik digital.

-berbagai sumber-

Advertisements

2 Responses

  1. assalamu ‘alaikum mas, aku udah pasang link mas di Blog aku, dan aku tunggu link baliknya yahh…
    salam dari Dedhy Kasamuddin

  2. wa’alaikumsalam wr.wb. terima kasih Mas, sama-sama kita tukar link..

Comments are closed.

%d bloggers like this: