Penyebaran Penyakit Flu Kuda


kudaApa Itu Flu Kuda ?

Flu Equine disebabkan oleh virus Influensa A yang endemik pada kuda. Dua jenis virus yang memiliki peran utama dalam penyebaran virus flu kuda adalah equine-1 (H7N7) yang menyerang otot hati serta dan equine-2 (H3N8) yang lebih ganas menyerang sistem tubuh.

Penyakit ini bisa menginfeksi hampir 100 persen populasi kuda yang belum divaksinasi dan belum pernah terkena virus ini sebelumnya.

Fakta Penyebaran Flu Kuda

Penyebaran virus flu kuda pertama kali terjadi pada 1956. Virus flu kuda yang diberi nama equine influenza ini sudah menyerang tiga negara. Yakni Jepang, India dan Australia. Di India saja, flu kuda telah menewaskan 43 kuda di negara bagian barat India Rajasthan dan Gujarat. Tahun lalu, pemerintah Provinsi Saga di Jepang juga membatalkan perlombaan pacuan kuda menyusul berjangkitnya flu kuda pada sembilan kuda balap.

Sebelum itu, kecemasan akan merebaknya wabah flu kuda ini terjadi di Australia, setelah sedikitnya empat ekor kuda di Sydney dinyatakan positif terserang flu kuda pada pertengahan Desember. Media Australia memperkirakan kuda-kuda itu tertular flu dari kuda asal Jepang yang bertandang ke Sydney.

Berdasarkan laporan yang diberikan laboratorium di Hissar, Haryana, di India Utara, kematian kuda akibat serangan flu itu pertama terjadi pada Januari di Gandhinagar Gujarat. Pemerintah Guajarat memutuskan melarang membeli dan menjual kuda di negara bagian itu guna mencegah penyakit tersebut menyebar luas. Di Indonesia sendiri, pernah dilakukan karantina kuda untuk mengantisipasi penyebaran flu kuda pada 2007.

Sampai sekarang memang belum ditemukan penyebaran flu kuda ke hewan lain atau manusia. Penyakit ini utamanya menyebar di antara sekumpulan kuda melalui kotoran, urin dan pupuk. Masa inkubasi flu kuda terhitung singkat yaitu selama satu hingga lima hari. Kuda yang terinfeksi flu ini akan terserang demam, batuk kering, hidung berair dan terlihat depresi dan kehilangan nafsu makan.

-berbagai sumber-

Advertisements

2 Responses

  1. fyi : merebaknya virus (R4N1) yang saat ini sdg menyerang byk caddy di indonesia. Satu korban telah tewas akibat virus ini dan belum diketemukan dimana sumber virus ini berada !! WASPADA !

    http://mariopascalis.co.cc

  2. Thanks I found this blog really useful, I’ll recommend it to friends.

Comments are closed.

%d bloggers like this: