Kota Bekasi Menerima Siswa Baru Secara Online ?


pendidikan

Mulai tahun ajaran 2009/2010 ini penerimaan siswa baru (PSB) di Kota Bekasi akan dilaksanakan secara online. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya pelanggaran yang sering dikeluhkan orangtua siswa pada PSB tahun-tahun sebelumnya. Untuk keperluan ini, Pemkot Bekasi melalui Dinas Pendidikan Kota Bekasi telah menandatangani kerjasama dengan PT Telkom beberapa waktu lalu terkait penyediaan perangkat PSB online. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi,Kodrato.

Menurutnya, PSB on line akan mengurangi kecurangan, termasuk beredarnya surat sakti dari sejumlah pejabat yang minta anaknya masuk ke beberapa sekolah favorit. Dengan adanya sistem baru ini maka pada PSB mendatang yang menjadi patokan adalah nilai ujian nasional (UN). Siswa yang nilai UN-nya tinggi maka dapat langsung mendaftar pada sekolah berbasis internasional. Demikian juga untuk menjadi siswa pada sekolah favorit harus ditentukan nilai UN dan tidak lagi menyelenggarakan tes.

Diakui Kodrato, PSB dari tahun ke tahun selalu diselipi dengan sejumlah permasalahan yang berbau kecurangan. Hal ini terbukti dengan banyaknya laporan orangtua siswa baik ke Disdik maupun ke Pemkot Bekasi.

“PSB online mempermudah transparansi proses pelaksanaan PSB bagi masyarakat sehingga tidak lagi timbul kecurigaan dari masyarakat,” ujarnya.

Diharapkan, sistem ini akan dapat menjawab keinginan masyarakat yang mengharapkan transparasi dalam PSB mendatang dan pemangkasan sejumlah birokrasi yang tidak bermanfaat dalam PSB. ::pikiran rakyat::

Advertisements
%d bloggers like this: